Home » , , , , , » Minahasa : Tiga Opo Yang Disegani

Minahasa : Tiga Opo Yang Disegani

Written By Rivo Kumaseh on Sunday, December 23, 2012 | 1:40 AM


Watu Pinawetengan : Tiga Opo Yang Disegani di MInahasa (Chaonechoan)

Bagi orang Minahasa menghargai orang yang lebih tua, apalagi orang tersebut memberikan teladan yang baik adalah suatu kewajiban. Ajaran ini secara turun temurun diajarkan orang tua kepada anaknya.
            Dalam mitos maupaun cerita secara lisan yang disampaikan secara turun temurun, disebutkan ada tiga sosok leluhur Minahasa yang menjadi panutan, mereka adalah : KAREMA, TOAR dan LUMIMUUT.

            Bahkan mereka adalah orang yang pertama di Minahasa. Mereka mempunyai hubungan dan keterkaitan manusia dengan Opo Empung (Tuhan), sesama dan alam sekitarnya. Itu berarti mereka mempunyai satu kesatuan antara dunia di atas dan dunia di bawah. Antara pria dan wanita, antara satu keluarga leluhur.
            Baik Karema, Toar dan Lumimuut dijadikan leluhur atau yang disebut-sebut Opo (Dotu) yang disegani, maupun Opo-Opo lain orang Minahasa. Bahkan di katakan bahwa orang Minahasa keturunan dari Toar dan Lumimuut.
Dalam penjelasan asal muasal mereka, yakni :
Karema        :   Dia seorang dewi yang menjelma sebagai manusia seperti nenek yang sudah tua renta dan ia adalah selaku perantara antara manusia dan sang pencipta, antara dunia para leluhur dan opo wananatas (Tuhan Yang Maha Tinggi). Ia sangat di segani di hormati oleh para leluhur atau dotu yang ada di tanah Minahasa.
Toar             :   Toar adalah manusia karuni (Tou : “Manusia”, Are : “Tidak di ketahui) dilahirkan bukan atas hubungan Jasmani, melainkan dengan kekuatan gaib melalui angin barat yang sangat kencang atau di sebut awaat oleh karena permohonan Karema kepada Opo Empung Wailan Wangko (Tuhan Yang Maha Besar Sesuai Jalan Cerita) hingga timbulah keanehan pada diri Lumimuut, ia menjadi hamil dan melahirkan dan di beri nama TOAR dalam pengertiannya  adalah dengan upaya yang keras dan sungguh-sungguh sehingga mempunyai nilai yang sangat tinggi atau (Tuar yang berarti harga yang sangat tinggi).
Lumimuut   :   Pada versi yang lain di jelaskan Lumimuut terwujud atas keringat dari batu karang yang di terpa terik matahari hingga berwujud manusia atau   putri yang cantik dalam pengertiannya adalah : Lumimuut dalam kata dasarnya adalah Limuut, yang berarti keringat, atau peluh/ suar.
                        Juga sesuai jalan cerita bahwa Lumimuut adalah seorang putri yang terdampar yang tidak tahu dari mana dia berasal. Bahkan seluruh bangsa malesung, Minahasa percaya benar-benar adalah keturunan dari Toar dan Lumimuut menurut penyelidikan DS. Linneman Opo Lumimuut asalnya dari seorang Ratu dari seberang lautan dan Prof. DR. Wilken menyebutnya Princes yang merupakan tetesan dari dewa dewi yang terdampar di batu karang sebelah barat  dari pulau Minahasa.
            Dalam legenda yang diceritakan baik oleh para penginjil Belanda seperti N. Graafland, Jt Schwarch, Wilken maupun sejarawan-sejarawan di Minahasa seperti H.M. Taulu dan penulis lainnya menjelaskan bahwa antara Lumimuut dan Toar punya hubungan emosional sebagai ibu dan anak.
          Ketika Toar dewasa, maka ada keinginan untuk kawin. Sebelum itu dilangsungkan, Karema meminta restu apakah itu di izinkan. Akhirnya kepada mereka diberikan dua batang kayu (tongkat). Dalam penulisan Pendeta Dr. J. M. Saruan disebutkan, Karema memberikan tongkat kepada masing-masing dan melakukan perjalanan dan setelah menempuh suatu perjalanan yang jauh akhirnya mereka bertemu ketika tongkat disamakan ternyata sudah tidak sama panjang, itu berarti keduanya direstui untuk mereka. Lumimuut dan Toar setelah menikah akhirnya memperoleh anak yang kemudian dikenal 2 x 9 (makarua siow) 3 x 7 (makatelu pitu) dan 3 x 9 (pasiowan telu).

Sumber Buku: Watu Pinawetengan "Obor Perjuangan Kehidupan"
oleh : Ari Rantumbanua (Penjaga Watu Pinawetengan)

Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : All You Like | Renungan Hari Ini | Mas Template
Copyright © 2011. Chaonechoan Blog - Cerita, Sejarah dan Legenda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger