Home » » MANFAAT DONOR DARAH

MANFAAT DONOR DARAH

Written By Rivo Kumaseh on Saturday, January 26, 2013 | 12:23 AM



Donor darah tidak hanya bisa menyelamatkan nyawa orang yang membutuhkan pasokan darah. Donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor. Banyak penelitian membuktikan bahwa donor darah efektif uantuk menyeimbangkan kadar zat besi dalam darah.



Terlalu banyak zat besi dalam darah dapat mebahayakan jantung anda. Oleh sebab itu, donor darah juga terkait dengan pencegahan penyakit kardiovaskular. Perempuan, yang mengalamai menstruasi setiap bilannya, tetap harus menyemimbangkan kadar zat besi, sebagaimana dilaporkan Boldsky. Dengan menyeimbangkan kadar zat besi dalam darah, maka resiko berkembangnya gejala penyakit kanker juga dapat dikurangi.

Resiko penyakit kanker kolon, paru-paru, hati, dan kangker tenggorokan dapat dikurangi dengan mendonorkan darah. Donor darah juga bisa dijadikan alat untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Saat seseorang mendonorkan darahnya, volume darah dalam tubuh menjadi seimbang. Hal ini mampu mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah.


Meskipun donor darah dapat memberikan manfaat kesehatan, kegaitan ini tidak bisa dilakukan setiap waktu. Laki-laki dapat mendonorkan darahnya setiap 3 bulan sekali, sementara perempuan dapat mendonoran darahnya setiap empat bulan sekali. Jangan lupa untuk konsultasi kondisi kesehatan anda kepada dokter sebelum melakukan donor darah. Pastikan anda dalam keadaan sehat.





Sumber : Harian Komentar 17 Januari 2013
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : All You Like | Renungan Hari Ini | Mas Template
Copyright © 2011. Chaonechoan Blog - Cerita, Sejarah dan Legenda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger