Home » , » Tentang Wikipedia

Tentang Wikipedia

Written By Rivo Kumaseh on Sunday, August 25, 2013 | 6:42 AM


Wikipedia merupakan ensiklopedia online yang dibangun secara bebas oleh pihak manapun. Jumlah kontributor yang terdaftar saat ini telah mencapai sebanyak 35 juta orang di seluruh dunia dalam berbagai edisi (Wikimapia, Wiki, Wikimedia, dan lain-lain). Seluruh layanan tersebut berada di bawah naungan perusahaan Wikimedia yang diprakarsai pembentukannya oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger pada tahun 2001. Wikipedia kini telah menjadi ensiklopedia yang mampu mencakup keseluruhan karakter informasi dari pada kontributornya di seluruh dunia, serta tersedia dalam 285 bahasa dunia. Jimmy Wales mendesain sesuai dengan ketentuan literasi umum, sehingga informasi yang ditampilkan bisa dipertanggungjawabkan.

Inilah yang membedakan Wikipedia dengan Facebook maupun Twitter, bahwa perusahaan dan layanan adalah perusahaan non profit. Jimmy Wales tidak mengenakan charge seperti yang dilakukan oleh Facebook maupun Twitter. Pada tahun 2010, Wikipedia mendapatkan donasi yang nilai totalnya mencapai angka USD 16 juta atau sekitar Rp 147 miliar (Helen A.S. Popkin,NBC News Technology). Bisa dibayangkan, betapa sebuah organisasi non profit mampu menghimpun dana dari seluruh dunia hingga angka ratusan miliar rupiah. Nilai perusahaan sekarang ini, yaitu Wikipedia saja sudah diestimasikan mencapai angkai di atas USD 5 juta atau sekitar di atas Rp 46 miliar. Dengan begitu banyak terhubung dengan segala sumber informasi, nilai situsnya sendiri diperkirakan mampu melampaui nilai situs Facebook. Sekalipun demikian, Jimmy Wales dan Wikimedia tetap bersikukuh untuk bergerak secara non profit.

Jika berandai-andai, Jimmy Wales bisa saja akan mendapatkan pendapatan yang angkanya akan melampaui angka Mark Zuckenberg dan Facebook. Selain melalui donasi, darimana pula Jimmy Wales akan menghimpun pendapatannya?

Wikimedia memiliki sejumlah komunitas yang keseluruhannya telah dijalinkan relasi dan koordinasi. Melalui komunitas tersebut, Jimmy akan menjalinkan layanan (jasa) kerjasama untuk membuatkan situs untuk institusi bisnis maupun pemerintahan. Di sinilah Wikimedia melalui komunitasnya akan menghimpun dana yang tidak sedikit. Sekalipun penghimpunannya masih dilakukan secara sukarela, tetapi nilai yang terhimpun dari seluruh dunia bisa mencapai miliaran rupiah per tahunnya. Inilah yang disebut dengan jenis penghimpunan donasi aktif di mana parisipannya langsung menyalurkan dana seketika setelah menerima jasa. Google pun sangat terbantu dengan layanan Wikipedia. Itu sebabnya Google selalu memberikan prioritas pencarian terhadap setiap kata kunci untuk diarahkan ke Wikipedia dan layanan sejenisnya.
Share this article :

No comments:

Post a Comment

 
Support : All You Like | Renungan Hari Ini | Mas Template
Copyright © 2011. Chaonechoan Blog - Cerita, Sejarah dan Legenda - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger